Cara Bekerja Efektif di Luar Jam Mengajar dengan Tehnik Pomodoro


Jika Anda mencari cara agar bekerja efektif di luar jam mengajar, Anda datang ke tempat tepat. Di postingan ini Anda akan mengetahui tehnik Pomodoro untuk membantu memanajemen waktu Anda.

Tidak hanya itu, Anda akan mengetahui tools pendukung tehnik Pomodoro, sehingga manajemen waktu Anda lebih luar biasa tanpa repot-repot memandang jam dinding.

Anda membaca postingan ini dan Anda mulai tertarik mengetahui rahasia tehnik Pomodoro. Untuk membantu Anda melakukannya, berikut penjelasannya agar Anda menguasai tehnik Pomodoro.

A. Bekerja yang Efektif

Jika Anda ingin hasil maksimal dan tepat waktu artinya Anda perlu bekerja efektif. Kalau dilihat pengertiannya bekerja efektif adalah suatu pekerjaan yang dapat diselesaikan tepat waktu, sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan.

Kita semua tahu pekerjaan guru bukan hanya mengajar, ada yang merangkap sebagai operator Dapodik, bendaharawan, membuat perangkat mengajar dan lain sebagainya. Permasalahannya adalah pekerjaan tambahan tersebut hanya bisa fokus dilakukan di luar jam mengajar.

Oleh karena itu, perlu cara cerdas memanajemen waktu bekerja Anda. Agar semua pekerjaan tambahan tersebut maupun kewajiban di rumah bisa terselesaikan. Berarti, mulailah dari sekarang lakukan perencanaan dan manajemen waktu terlebih dahulu.

Nah Anda sudah mengetahui pentingnya manajemen waktu, Anda semakin ingin tahu bagaimana tehniknya.

B. Pomodoro

1. Apa itu Pomodoro

Jika kita lihat asal mula sejarahnya, Tehnik Pomodoro adalah metode manajemen waktu yang dikembangkan oleh Francesco Cirillo pada akhir tahun 1980an. Teknik ini menggunakan timer untuk memecah pekerjaan menjadi interval, secara tradisional 25 menit panjangnya, dipisahkan oleh jeda waktu pendek.

Awalnya Anda akan bingung, kenapa bentuk lambangnya berbentuk tomat.

Pomodoro itu sendiri dari kata Italia yang berarti tomat.  Karena Asal mulanya timer tersebut berbentuk tomat yang digunakan Cirillo sebagai mahasiswi.

2. Mengapa Mesti Menggunakan Tehnik Pomodoro

Saya yakin Anda pernah mengalami pekerjaan selalu terulang-ulang kesalahannya, akhirnya bukannya selesai malah seperti jalan di tempat. Belum lagi pikiran tidak fokus, badan lelah, kepala rasanya stress.

Itu menunjukkan Anda perlu mengatur kembali cara memanajemen waktu yang baik dalam bekerja.

Karena “waktu adalah uang”. Namun bagaimana Anda bisa memanfaatkan waktu menjadi uang, kalau pekerjaan Anda saja tidak beres.

Oleh karena itu manfaatkan pengetahuan dan kemajuan tehnologi untuk mengatasinya, salah satunya dengan tehnik Pomodoro dan toolnya Pomodoairo.

Dengan tehnik Pomodoro akan memacu Anda melakukan tindakan cepat dan fokus. Sehingga selalu berusaha melakukan sebanyak mungkin yang dilakukan selama 25 menit itu untuk mencapai target lebih cepat.

Hebatnya lagi dengan tehnik Pomodoro, walau pekerjaan menumpuk, otak Anda tidak akan keram. Sehingga mengurangi potensi kesalahan dalam bekerja.

Jadi mulailah dari sekarang untuk menggunakan tehnik Pomodoro  untuk tugas pekerjaan apa pun. Setelah Anda mengetahui manfaat Pomodoro ini, Anda semakin tertarik untuk mengetahui langkah-langkah menggunakan tehnik Pomodoro ini.

3. Langkah Tehnik Pomodoro

Langkah pertama

Pilih tugas yang akan Anda kerjakan dan tentukan total waktu untuk mengerjakan tugas tersebut. Misalnya Anda bertugas sebagai operator Dapodik yang ingin menginput data siswa baru sebanyak 30 siswa selama 2 jam.

Langkah kedua

Pasang waktu timer/alarm selama 25 menit ke depan. Misalnya anda mulai bekerja jam 15.00 berarti pasang alarm 15.25.

Agar lebih mudah, lebih baik memakai aplikasi Pomodoairo yang akan dijelaskan pada bagian akhir postingan ini.  Sehingga Anda tidak perlu repot-repot lagi setting waktu.

Langkah ke tiga

Silahkan mulai bekerja selama 25 menit ke depan. Fokus terhadap pekerjaan Anda, abaikan segala gangguan. Seperti ingin membuka BBM, facebook, membalas sms yang tidak terlalu penting dan sebagainya.

Langkah ke empat

Saat alarm berbunyi, istirahatlah selama 5 menit. Waktu 5 menit ini pergunakan sebaik mungkin, misalnya membuka BBM & Facebook, membalas sms, membuat minuman, rebahan sebentar, pindah tempat duduk, jalan-jalan, dan sebagainya. Sehingga tubuh dan otak Anda terhindar dari penat dan capai.

Langkah ke lima

Setelah habis masa istirahat 5 menit, ulangi lagi langkah ke dua. Lanjutkan kembali pekerjaan Anda.

Setelah 4 kali selang waktu, maka waktu istirahat yang ke 4 silahkan istirahat 20-30 menit.

C. Pomodoairo


Agar memudahkan Anda menerapkan tehnik Pomodoro, ada baiknya Anda menginstal aplikasi Pomodoairo di handphone dan PC Anda.  Aplikasi ini sudah disetting 25 menit setiap interval dan ditambah waktu istrahat.

1. Pomodoro Android

Untuk memasang di android, Anda tinggal buka playstore dan ketik Pomodoairo.


Setelah Anda instal silahkan pilih buka. Kemudian anda pilih paling bawah "may be latter".

Jika Anda ingin mulai bekerja silahkan klik "start pomodoro" . Stelah waktu 25 menit aplikasi akan berdering. Mudah bukan?

2. Pomodoairo PC/Komputer/Laptop

Langkah pertama adalah menginstal Pomodairo. Untuk itu, lakukan langkah-langkah berikut.

Sebelum mendwonload aplikasi Pomodoairo, pastikan software ini terinstal di laptop Anda terlebih dahulu. Jika belum ada, silakan unduh di http://get.adobe.com/air/.

Setelah itu download aplikasi pomodorairo di https://code.google.com/p/pomodairo/.

Klik tombol “Download”untuk mengunduh Pomodairo, lalu pilih pomodairo-1.9.ai. Selanjutnya tinggal Ikuti perintah di situ untuk menginstal Pomodairo.

Cara menggunakan aplikasi ini gampang sekali. Tinggal Anda pilih “start Timer” pada tombol samping kanan, maka waktu akan otomatis berjalan mundur selama 25 menit dan alarm akan berdering ketika sampai waktunya.


Tidak hanya itu, waktu 5 menit istirahat pun akan otomatis dihitung dan berdering apabila sudah sampai waktunya.

Jadi  aplikasi ini sangat cocok untuk Anda yang bekerja di laptop atau komputer.

Demikianlah cara bekerja efektif di luar jam mengajar dengan tehnik Pomodoro. Akhirnya Anda akan bekerja dengan maksimal tanpa membuang-buang waktu lagi.

Catatan: secara pribadi saya menggunakan tehnik Pomodoro sejak awal 2017. Kebetulan saya merangkap sebagai operator sekolah. Hasilnya saya dapat memanajemen waktu mengerjakan Dapodik dan menjadi lebih produktif dalam menulis di blog.

Belum ada Komentar untuk "Cara Bekerja Efektif di Luar Jam Mengajar dengan Tehnik Pomodoro"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel